prioritas vs profesionalisme

prioritas… apa c maksudnya prioritas..??.. yang kutahu dari kata prioritas adalah menempatkan sesuatu hal menjadi penting di atas sesuatu yang tidak penting.. halah.. mbulet ae.. ya.. pada intinya, sesuatu hal tersebut diplanning untuk segera dilakukan dalam jangka pendek.. ya.. contoh kasusnya gini..ada seseorang yang bertanya kepadaku…
si A: “aq kok ga pernah liat kmu mikirin cowok atau pacaran gitu…??”
aq : “wah dalam waktu dekat sepertinya tidak.. prioritasku tahun ini adalah ambil TA dan insya Allah lulus tepat waktu…” –> padahal emang belum nemu aja..wkwkwk..
nah dari contoh itu.. keliatan kan mana yang penting dan ga penting…
profesinalisme.. yang kutahu kita sebagai manusia harus profesinal di dalam menjalani kehidupan ini… jadi tidak harus dikaitkan sama yang namanya keprofesian dalam bekerja…misalnya, klo lagi jadi mahasiswa… ya. profesional-lah jadi mahasiswa selama kmu masih jadi mahasiswa… profesional jadi anak… ya.. berbakti ma ortu selama kmu masih jadi ank mereka… profesional jadi muslim.. ya.. beribadah-lah hanya kepada Allah… dst…
nah.. biar ga jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang lagi..).. dari awal semester aq dah ikutan banyak kegiatan… ikut pengkaderan, organisasi kampus HMTC, jadi staff, panitia ini itu, les, jadi asisten macul, asdos, n sekarang yang lagi exist ngurusi pengkaderan lagi..lagi.. dan lagi… ibaratnya klo program infinite looping…zzzz…..(nasib mahasiswa smt 7 yang masih ngurusi himpunan..) jujur aja semua kegitan itu hanya sebuah pelarian dari macam-macam tugas kuliah dan praktikum… jadi istilahnya refreshing lah… sampe-sampe ada senior yang bilang “refreshing-mu aneh”… sebenernya ada yang lebih aneh lagi… abid temanku yang pintar, refreshingnya coding….huwa….ampun deh… klo gitu bearti kuliah TCnya dianggap refreshing dunk.. tapi dari semua kegiatan itu.. banyak dampak positif yang didapet… yang jelas aq bisa berpikir dewasa dari sebelumnya untuk setiap masalah yang menimpa…
tetapi banyak kegiatan juga belum tentu bagus bagi seseorang yang ga bisa bagi waktu… contoh kasusnya, aq punya teman yang semua kegiatan diikuti… pokoknya klo ada kesempatan apa aja… diembat gt deh… tapi hasilnya orang tersebut ga bisa fokus… dan pada akhirnya menimbulkan perasaan yang tidak enak dari orang2 yang terlibat di kegiatannya..
trus ada lagi yang punya banyak kegiatan.. tapi ngeluh2 terus.. plis deh… itu lho kegiatan kmu yang pilih sendiri.. ga usah pake ngeluh napa… klo ga sanggup ya amanahnya ga usah diambil..
ada juga yang ikutan kegiatan.. tapi rapat ga pernah dateng.. dateng pas seneng2 aja.. sukanya nyepelein rapat yang urgent… huwa.. rasanya ank2 ky gini pingin dipecat ae… it’s ok.. kita semua emang masih dalam tahap pembelajaran.. tapi klo di dunia kerja apakah orang2 spt itu kepake ya…??…
menentukan prioritas juga didasarkan pada pertimbangan.. contoh kasusnya juga menimpa diriku… terkadang ada dua rapat yang bersamaan.. deplu dan SC… nah mana neh yang harus diprioritaskan… biasanya aq milih rapat SC, karena segala keputusan berdasarkan kuorum dan banyak masalah2 yang urgent yg harus segera diselesaikan dan direalisasikan dalam waktu dekat… sedangkan deplu… sebelum mendua jadi SC aq emang fokus ke deplu… tapi sekarang wakktunya regenerasi… dan aq yakin orang2 deplu yang magang hebat2… bisa diandalkan… ini juga sebagai permintaan maap klo akhir2 ini jarang muncul di deplu.. semoga pertimbanganku bisa diterima…hehehe..:p
itu tadi masalah himpunan.. nah sekarang aq juga punya kasus yang kualami sendiri… sebut saja seniorku yang harusnya jika tepat waktu dia bisa lulus 1,5 thn yg lalu.. tapi mpe sekarang belum lulus juga.. mungkin ini tahun terakhir baginya…disini aq tidak menyalahkan entah hal apa yang diprioritaskan.. dan aq juga ga ngurus dia mau lulus berapa tahun lagi.. tapi yang kutahu.. disini dia sebagai mahasiswa… ya paling tidak profesional lah sama status mahasiwanya itu.. rajin kuliah.. garap tugas.. garap praktikum… mungkin aq ga akan komentar klo dia praktikum dewe atau ga ikutan tgs kelompok… nah itu dia masalahnya… aq dah sering denger klo seniorku yang satu ini punya banyak kegiatan, contohnya sbg mentor dan aktifis dakwah islam deh pokoknya…ย  masalahnya bukan dia menjadi aktifis, tetapi karena dia meninggalkan profesinalismenya sebagai mahasiswa.. yaitu garap praktikum dan tugas kelompoknya… jadi dia selalu ngilang klo dibutuhkan oleh kelompoknya atau partner praktikumnya… otomatis itu menimbulkan perasaan jengkel dari semua yang pernah berhubungan kelompok dengannya… termasuk akyu… disini ada dua sisi yang perlu dicermati… di satu sisi dia mungkin melakukan kegiatan yang mulia.. dakwah islam dsb… tapi di sisi lain dia bikin sebel orang lain.. nah lo.. gimana tuh.. bikin sebel orang kan juga ga baik…
itulah sepenggal kisah klasik anak kuliahan…. halah….๐Ÿ˜€

13 thoughts on “prioritas vs profesionalisme

  1. wew..wew.. meninggalkan Depli?? huikzzz.. jangan dulu dong buk.. sbelum kita ninggalkan tempat kita.. kita harus punya kader yang bisa menggantikan kita.. dan harus lebih baik dari kita.. Hwehehehe.. smangad buk SC๐Ÿ˜€

  2. Hehe ..

    Topik menarik nich ,, dalam hidup ini memang ada buanyaaak bgt kesempatan bagus tapi bener tulisan Na’, prioritas itu penting๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    Sebelum nentuin prioritas, tentu harus tahu dulu apa tujuan.na kita hidup .. apa impian kita .. apa cita-cita kita ..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ , Biar bisa Fokus ..

    Biz nentuin tujuan hidup, baru deh ambil kesempatan-kesempatan tuk mendukung impian kita itu ..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Resiko kehilangan ??!!, Pasti ada ,, tapi untuk apa ambil kesempatan cuma karena tu lg trend,, tu lg diminati org .. tapi ga mendukung impian kita๐Ÿ˜€

    Lha ..
    Itu salah satu guna prioritas๐Ÿ˜€

    Setelah tu profesionalisme baru diperlukan tuk menguji .. kita konsisten ga ama kesempatan yang kita ambil ..๐Ÿ˜€ Berdasarkan hasil sharing ama beberapa temen,, aq tahu kalau impian temen2 TC tu oke-oke .. pi kurang tertata rapi jadi tuk mencapai …. masih ribet .. coba deh ditata dulu algoritma.na ,, baru terus dieksekusi ..

    Coz,, sering juga diskusi ama beberapa temen .. ikut aktivitas ini-itu .. akhir.na ga jadi & ga jelas semua ..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Tapi ga semua .. ada juga sich yang bisa fokus ..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    Hehe ..

    Memang ga mudah .. pi kalau ga dimulai dari sekarang belajar ?, Kapan lagi ..

    Lha ..

    Kalau ditanya,, ” Impian Ci sendiri apa ??!! Apa prioritas2 yg Ci lakuin dah mendukung impian Ci ??!!๐Ÿ˜€

    Haha .. soal impian rahasia dunk,, tapi tentang prioritas ..,, Yupz,, Alhamdulillah selama ini kesempatan dan apa yg aq ambil adalah memang tuk mendukung impian itu,, kalau ga ada hubungan .. biasa.na ga aq ambil walau mungkin sebagian besar banyak yg protes dengan alasan, ” Sia-sia.in kesempatan .. ”

    Pi gimana lagi .. ga guna juga kan ??!! ,, Oke lah ntar dicoba pas da waktu luang gpp .. tapi prioritas kesekian๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    Masalah tentu ada, pa lagi pilihan aq dalam hidup selalu harus nunggu ACC dulu dari keluarga .. ( jadi bersyukurlah teman2 .. kalau kalian dpt menjadi apa yg kalian inginkan n pergi kemana yg kalian mau๐Ÿ˜€ ) .. tapi it’s ok ..,, pasti ada jalan ..๐Ÿ˜€,

    Wew .. download antivirus.q dah selesei ..

    Yang terpenting adalah .. Be brave to dream & Never Give up .. until the last breath,, Ok ??!!

    Have a nice day

  3. to. aryu

    iya buwk.. aq tidak akan meninggalkan deplu… klo rapat2 lg.. tak sempetin dateng deh… trus kabur lage… wkwkw..:D

    to. nuci

    yah.. begitulah hidup… hehehe..:P

  4. hmm….
    prioritas itu unik seperti manusianya sendiri
    profesionalisme itu kewajiban tapi hak tiap2 manusia untuk melakukan ato tidak๐Ÿ™‚

    btw, pas aku moco tulisanmu”ada seniorku yang harusnya lulus tepat waktu 1,5 tahun”
    tak pikir masku๐Ÿ˜€ wis deg2an akyuw wkwkwkwkwkwk
    sedih deh….
    tp gpp, dia kan perantauan, membiayai hidup sendiri๐Ÿ˜€

  5. to. kenni

    tapi profesionalisme akan menjadi kewajiban jika dampaknya ke orang banyak …
    klo dampaknya cuma ke dia.. yo monggo ae…klo itu haknya dia…:p

    iyo.. aq juga baru inget klo masmu juga…:D.. tapi bukan masmu kok… lha ini kebetulan senior itu ada di sebelahku pas aq lagi nulis ini…wkwkwkw..:p

  6. aku jd teringat seseorang juga yg ceritanya hmpr sama kyk seorang senior yg mb ceritain itu…

    iya nih…kadang aku sulit juga nentuin prioritas, skrg pngnyya bikin riset2…tapi kok kegiatan kemahasiswaan msh banyk juga ya yg ku ikuti…pdhl kalo riset sptnya hrs fokus… hmff….
    sEmanGat!!๐Ÿ™‚

  7. Bu’ .. bu’ ..

    Aq comment.na panjang gt .. reply.na cuma sebaris ??๐Ÿ˜€

    Soal impian ..

    Jadi ibu rumah tangga [ istri yg baik + ibu yg baik ] .. itu si urutan ke 2 atau ke 3 .. ,, Alhamdulillah yang nomer 1 .. ,, bukan itu ..

    So .. masih termotivasi hidup .. ngadapin kasus seperti yg kemarin ( “zal” ).. ya iyalah, lebai banget kalau enggak๐Ÿ˜€

    Impian nomer 1 ..

    Hmm .. ya ntar kmu juga tahu dari prioritas-prioritas yang aq ambil ..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Masalah pembuktian diri aja koq .. ama seorang guru SMU .. itung2 balas jasa coz aq dah bandel bgt pas masa-masa sekolah dulu .. hehe ..๐Ÿ˜€

    Moga aja sich bisa kesampaian .. pi percaya aja ,, if there is a will .. there is a way .. and if there is a way .. ,, Insya Allah .. I can ..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€ Quote sapa ya .. lupa .. pi ya gt dh inti.na๐Ÿ˜€

  8. to. lely

    wa.. jangan2.. senior yang kita maksud sama lel..??

    klo gitu amanahnya diselesein satu2 dulu… baru deh fokus ke riset..:p..

    to. nuci

    iya komen ku emang singkat… soale aq bingung mw ngomong apa… sepertinya dirimu sudah mulai menjadi dewasa…wkwkwk… oiya jadi ibu RT tadinya kan impian pertamamu… tapi gpp c klo kmu mau berubah lagi… toh jalan kita masihy panjang…wkwkwkw…:D.. semangad..:)

    to. afwan

    klo berat gausah dipikir.. nyumpek2ki pikiran ae…:p
    aq yo berat kok nulis iki… lakukan yang terbaik aja deh..:D
    smangad…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s