MUSICADEMIA

Jumat, 23 November 2007 

img_5912.jpg

Dengan tema MUSICADEMIA Harmony in Diversity, akhirnya ada juga sebuah orchestra di ITS. Twilite Orchestra dengan Addie MS sebagai conductor, Lucky Octavian & Binu D.Sukaman-soprano (*org ini mirip bgt ma wulan guritno*), Levi Gunardi-piano, Twilite Chorus, dan tentunya yang paling dibanggakan adalah Paduan Suara Mahasiswa ITS (PSM). Secara punya kenalan anak PSM, dengan mudahnya mendapatkan tiket jauh-jauh hari. Aq ma beberapa anak arch (*ga janjian ma ank TC*) berangkat jam 18.30WIB langsung dapet antri agak depanan. Semula ragu juga dengan tiket yang harganya murah meriah (*dah disubsidi ma ITS kali ya…*), apakah sebuah graha ITS bisa disulap menjadi sebuah theater selayaknya tempat sebuah orchestra diselenggarakan. Ternyata lumayan juga, salut deh buat tim dekorasinya. Ngantri sekitar 1 jam lebih (*liat ke belakang buntutnya dah panjang bgt…wkwkwk*), baru boleh masuk sekitar jam 19.45WIB. Pas mw masuk ketemu ma ank SI di luar antrian lagi duduk di pinggir trotoar (*merana bgt deh liatnya…*). Mereka semua kehabisan tiket dan bersaing dengan para calo untuk mencari tiket lebih (*tau klo ada calo, hrsnya aq bli tiket 10.. trus q jual ke calo… wkwkwk*). Karena aq di antrian paling depan, maka bisa milih-milih tempat duduk. Akhirnya diputuskan qta liat di bawah (*harga biasa…sekelas VIP..wkwkwk*). Setelah duduk manis, tanpa disadari dari antri sampai duduk aq selalu mendengar orang membicarakan all about nodame. Wew…. bisa dipastikan neh, menurut perkiraankomposisi penonton terdiri dari 50% pengikut nodame, 30% suka orchestra, 20% ikut2tan n mengisi waktu luang (* klo aq termasuk semuanya…:D*)  

img_5906.jpg    img_5918.jpg    img_5891.jpg   

Lagu pertama yang dimainkan adalah Indonesia Raya diikuti dengan Hymne ITS. Selanjutnya beberapa lagu klasik seperti Orpheus in Underworld Overture, OST Mission Impossible dan OST Final Fantasy. Tidak luput juga lagu daerah Yamko Rambe Yamko dan Jembatan Merah yang dinyanyikan oleh soprano dan PSM (*masih ada beberapa yg blum disebutin… coz lupa judulnya…*). Penampilan orchestra tersebut begitu memukau penonton dengan conductor Addie MS dimana pengikut nodame pasti sudah memiliki figur seorang Chiaki sebagai conductor (* Tak ada Chiaki Senpai… Addie Senpai pun jadi… :P*). Di sela-sela pertunjukkan, Addie MS menyampaikan sebuah alasan kenapa orchestra tersebut juga menampilkan lagu daerah dan lagu Indonesia. Misi dari sebuah orchestra tersebut adalah dimana kita sebagai bangsa Indonesia harus mencitai kebudayaannya sendiri, terlebih lagu-lagu daerah yang dimiliki oleh bangsa ini. Jika bukan kita sendiri, bisa-bisa negara tetangga-lah (*red. Malingsia*) yang mencintai budaya kita. Jadi tidak ada salahnya jika dalam sebuah orchestra diselingi lagu daerah budaya sendiri. Tetapi tidak mudah untuk menampilkan lagu daerah dalam sebuah orchestra, karena kebanyakan dari lagu daerah tersebut tidak dibuat partiturnya. Sehingga untuk menampilkan lagu daerah, seorang conductor mungkin harus mencari orang yang membuat partitur tersebut atau membuat partiturnya. Di setiap pertunjukkan lagu selesai, tepuk tangan penonton begitu meriah dan sayup-sayup terdengar teriakan BRAVO dari penonton (* mungkin ini salah satu pengikut nodame juga..he3x*).

7 thoughts on “MUSICADEMIA

  1. wah…terimakasih dah d muat d blognya tentang musicademia…
    aq numpang minta fotonya bleh g?
    jujur waktu tu aq g sempat nyuruh anak2 moto…abis dah pada sibuk gladi bersih….

    oy…..lagunya tu ada rangkaian melati,bagimu perdamaian,yamko rambe yamko,bangun pemudi pemuda,one winged angel,hymne ITS,i’ll write the song,libiamo no lietecalici(klo g salah)….
    benernya masih ada mars pancasila,berkibarlah bendera,sama Bohemian Rapsodhy….tpi g jadi d bawakan padahal dah latian….

  2. to. regeb

    oiya… silakan aja diambil fotonya… itu yang ambil juga ank2 informatika ITS…

    nulis judul lagunya emang ga lengkap… soalnya ga apal…😛

    kapan ya mereka ngadain musicademia lagi di ITS..???😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s