Broken Mind

Wew.. dah lama neh ga isi blog… maklum.. orang yang sok sibuk ini lagi banyak tugas, acara, masalah, sumpek, bingung, de el el …. (LKC–> Lho Kok Curhat.. :p)Iseng-iseng buka BBS nemu postingannya shinta (red. mbok SHIN) yang kira2 50% terjai pada diriQ ini…. hiks… 

10 kebiasaan yang dapat merusak otak  

1. Tidak Sarapan PagiMereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang.

Lha ini dia..point pertama yang bikin aq mengingat ingat ESQ dari seorang dosen (pren.. masihkah ingat kejadian ini di smt4??).. gara2 telat kuliah n ditanyain belum makan.. diintrogasi macem2… wew.. padahal aq ga bisa makan di bawah jam9… coz bikin perut muless… –> alesan ditolak mentah2.. maka terlontarlah kata2 “close mindset” –> di satu sisi ada yang dimarahi telat juga gara2 dia makan dulu sebelum kuliah… lha terus… duno deh pak….

2. Makan Terlalu Banyak

Terlalu banyak makan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi, dapat berakibat mengerasnya pembuluh     darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun. 

3. MerokokZat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.Paling sebel klo deket2 ma orang yang ngrokok… asepnya bung!!…. bagi para smooker sadar dikit dunk!!… jangan ajak mati orang yang berada di samping anda hanya karena asap rokok anda… 

4. Mengkonsumsi gula terlalu banyakKonsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak 

5. Polusi UdaraOtak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

Adakah tempat yang masih memiliki udara segar di surabaya ini…. ?? 

6. Kurang TidurOtak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

Sepertinya klo masalah kurang tidur dah sering dialami ma anak2 TC dari jaman majapahit belum berdirià kira2 16 tahun yang lalu… apalagi manusia2 lab.. wkwkwk 

7. Menutup kepala saat tidurKebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak. 

8. Menggunakan pikiran saat sakitBekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran kita saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.

Klo mikirin hal2 yang ga penting, bisa merusak otak juga ga ya..?? klo aq c pas sakit biasanya berpikir keras bagaimana cara menularkannya kepada orang terdekatQ dengan sukses… wkwkwkw.. “tapi boong”… 

9. Kurang menstimulasi pikiranBerpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

Berfikir hal2 yang ga penting itu juga termasuk mikir ga ya… 

10. Jarang berkomunikasiKomunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih.

Wew.. orang yang cerewet.. pasti kemampuan kerja otaknya bagus…. hehehe…😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s