sinetron vs dorama asia

perlu diketahui dulu bahwa :

sinetron adalah film berseri buatan Indonesia (klo mau tau arti yg jelas, liat KBI aj…) biasanya sampe berpuluh-puluh episode dan tdk menutup kemungkinan mjd beribu-ribu episode (jadi inget sinetron tersanjung yg klo g salah sempet masuk MURI dg rekor jumlah episode terbanyak)

klo di jepang namanya dorama… atau sejenisnya yg dibuat di negara korea, taiwan & china…

pertama kali dorama jepang yang q tonton adalah anchor woman ma long vacation yang ditayangin di slaah satu TV swasta (keren abizzz…), lama2 banyak deh bermunculan drama sejenisnya di tv swasta lainnya…tapi yang paling keren ya tetep 2 dorama itu.. hehehe

oh iya… ada dorama jepang yang bisa bikin qta nangis…judulnya 1 litre of tears…yang baru baru aja dijiplak oleh sinetron Indonesia…judulnya “BUKU HARIAN NAYLA”…

waa… kecewa banget ma tuh film… sepanjang sejarah penjiplakan dorama… itu yg paling parah n ga bs diterima …

kisah nyata ditulisnya fiktif belaka…

trus yang main aktingnya ga keren blaszz…siapa lagi klo bukan si ratu plagiat “chelsea olivia”…(dari akting susah jalan, cara ngomong yg seharusnya makin lama ga bs ngomong…eh…dia malah makin lama makin jelas ngomongnya tp dicedalin)

trus penulis skenarionya ngaku2 klo itu ceritanya dia… (namanya luna sapa gt…)

n yg bikin kecewa lagi… ending dari sinetron itu ga sama kayak yang aslinya (walaupun akhirnya sama2 mati…), tp ending sinetron itu ngrusak cerita bgt…

masih banyak lagi cerita cerita yang dijiplak oleh sinetron Indonesia (terutama produksi dari PH SinemArt)…

Daftar sinetron jiplakan yang hampir lengkap….dapet dari http://www.its.ac.id/tanggapanberita.php?newsid=3291

bener2 KERE aktif………..

1. Benci Bilang Cinta (Goong / Princess Hours – korean
    drama)
2. Benci Jadi Cinta (My Girl – korean drama)
3. Impian Cinderella (Prince Who Turns Into Frogs –
    taiwan drama)
4. Cowok Impian (It Started With A Kiss – taiwan drama)
5. Putri Kembar (100% Senorita / Twins – taiwan drama)
6. Dua Hati Satu Cinta (Qin Shen Shen Yu Meng Meng /
    Kabut Cinta – taiwan drama)
7. Sumpeh Gue Sayang Loe (Smile Pasta – taiwan drama)
8. Kau Masih Kekasihku (At The Dolphin Bay –    taiwan  drama)
9. Pangeran Penggoda (Devil Beside You – taiwan drama)
10. Rahasia Pelangi (Love Apart A Moment – taiwandrama)
11. 2 Hati (Snow Angel – taiwan drama)
12. Berani Tampil Beda (Magicians of Love / – taiwan drama) – apparently belon maen
13. Benar-benar cinta (Devil Beside You – taiwan
drama)
14. Bukan Diriku (Anything For You – japanese drama)
15. Pengantin Remaja (My Little Bride – korean drama)
16. Bintang (HZGG – taiwan drama)
17. Pacarku Besar Sekali – ftv (My Name is Kim Sam
Soon – korean drama)
18. Katakan Kau Mencintaiku (Sad Love Song – korean
drama)
19. Cincin (Beautiful Days – korean drama)
20. Liontin (Glass Shoes – korean drama)
21. Wulan (Term of endearment)
22. Intan (Be Strong Geum Soon – korean drama)
23. I love you, Boss! (Bright Girl’s Success Story –
korean drama)
24. Buku Harian Nayla (1 litre of tears – japanese
drama)
25. Janji Jaya (My Name is Kim Sam Soon – korean
drama)
26. Cinta Remaja (My Sassy Girl Choon Hyang – korean
drama)
27. Darling (My Name is Kim Sam Soon – korean drama)

28. baby doll (Love strom-taiwan drama)
29. lihat sinetron berikutnya, mungkin itu juga
jiplakan…
30 …..

waspadailah sinetron yang anda tonton… bisa jadi itu adalah jiplakan semata…!!

9 thoughts on “sinetron vs dorama asia

  1. wah2,,,
    mbak innihhh….
    dorama sekali ;p
    gimana kalo le manggilnya mbak dora(ma) ajah?
    heuheuheuheuheue

  2. Wah, asyik tuh, VCD dan DVD ROCH 2006 teks Indo dah keluar. Ada berita paling gres yang gue baca di detik.com.
    Sesudah 5 negara bikin ROCH (Hong Kong, Taiwan, Singapore, China, dan Jepang (animasi)), maka Indonesia tidak kalah menjadi negara ke-6 yang membuat adaptasi ROCH.

    Hal ini dikonfirmasi oleh detik.com dengan Raam Punjabi dari Multivision, hari Selasa, 2 Mei lalu. Menurut beliau produksi ROCH versi Indo ini untuk mengangkat sinetron Indonesia minimal di wilayah Asia.

    Untuk casting sebagian sudah dipilih:

    Yo Ko = Roger Danuarta
    Siaw Liong Lie = Agnes Monica
    Kwee Tjeng = Rano Karno
    Oey Yong = Lidya Kandouw
    Kwee Hu = Elma Theana
    Kwee Siang = Leony
    Li Mociu = Kris Dayanti
    Hakim Roda Emas = Deddy Cobuzier
    Sha Gu = Aming
    Huo Tu = Anjasmara

    Kaisar Selatan (It Teng Tay Su) = Dedy Mizwar
    Pengemis Utara (Ang Cit Kong) = Ray Sahetapy
    Racun Barat (Auwyang Hong) = Gusti Randa
    Sesat Timur (Oey Yok Su) = Roy Marten
    Bocah Tua Nakal (Cou Pek Tong) = Didi Petet
    Ying Gu = Nani Wijaya.

    Para anggota Indonesian Idol dan AFI akan mendukung masing-masing sebagai prajurit Song dan tentara Mongol.

    Sutradara = Nia Dinata
    Skenario = Arswendo Atmowiloto
    Penata Silat = Advent Bangun
    Penata Musik = Indra Lesmana
    Lagu Pembuka = 16 Tahun Menunggu (cipt: Melly Goeslaw), penyanyi: Yuni Shara
    Lagu Penutup = Rajawali Sakti (cipt: Slank), penyanyi:Slank + koor Indonesian Idol

    Sinetron kolosal ini direncanakan mulai produksi bulan Juni 2006 dan selesai Desember 2006. Lokasi syuting: Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Ranca Upas, dan Pangandaran. Rencana tayang mid 2007. Konon hak siar sudah dibeli oleh stasiun Malaysia dan Singapore. Menurut humas Multivision, hak produksi ROCH dibeli dengan harga 17.5 M setelah Raam Punjabi diskusi.setengah hari dengan Jin Yong sambil menonton sinetron Tersanjung 6 sebagai sample.

    Pada kesempatan yang sama, Jin Yong menyinggung bahwa ia juga dihubungi pengusaha wanita Indonesia, Martha Tilaar yang meminta hak paten untuk produk kosmetika yang akan diberi nama “Seri Kecantikan Siaw Liong Lie” dengan produk andalan ”Bedak Tawon Batu Giok” dan “Masker Bengkuang Gunung Ciong Lam”, lengkap dengan buku manual perawatan kecantikan “Hati Gadis Suci”. Untuk hak paten ini masih dalam tahap negosiasi.

    Ketika dikonfirmasi dengan Martha Tilaar, beliau kelihatan terkejut. Menurutnya ia memang berencana memasarkan produk kecantikan dengan target market para wanita yang ingin awet muda. Ketika ditanya apakah akan memakai merk Siaw Liong Lie, beliau mengatakan “Masih dalam penjajakan”.

    Gue kaget baca berita ini. Tapi lihat saja perkembangan selanjutnya. Yang pasti, kalau produk kecantikan Siaw Liong Lie ini keluar, gua akan beli satu set untuk engkong gua supaya cantik dan awet muda seperti Siaw Liong Lie.

    Rgds.
    Kurniawan

    Sumber :
    http://lautan.indosiar.com/topic.asp?TOPIC_ID=28232

    Hiks .. hiks ..,, aq ga mau nonton !! aq ga mau nonton !! sekalipun cast pemain.na aktris n aktor papan atas Indonesia,, aq ga mau nonton ..
    Takut image Bibi n Yoko d Fantasi.q jadi rusak😀

    T_T T_T

  3. aku suka drama Korea….

    tapi

    aku juga suka anime Jepang…

    tapi

    aku gak suka sinetron Indonesia

    tapi

    Aku cinta Indonesia

    walopun

    banyak plagiarisme

  4. eh non tu yg lirik lagu mang g penting tw. tappi memang yg lo tulis tu bener…. kenapa ya rating film itu tetep tinggi pdhl dah jelas tu iplakan n yg asli dah pasti lbh keren? kl dijiplek, ya biasalah, jd kebawa arus indonesia, dipanjang2in g jelas, makin njelehi g karuan. ayo dong para sineas indonesia, mbok sekali2 yg jiplakan kayak gitu diurusin. jangan cuma heboh karena satu film jiplakan menang, yg lain juga harus diberantas dong. hidup dorama jepang, korea, n taiwan!!!!!!!!!!

  5. menurutku si unyil jauh lebih berkualitas daripada sinetron2 tersebut di atas. hhhhh, kenapa tv kita lebih dari 75% programnya merupakan pembodohan masyarakat sih? ya itu tugasmu buat memperbaiki keadaan ini. oke!!

  6. waduH….drama2 koRea tu paDa aQ poenYa semuA!taPi MASIh be2Rapa yan9 bLom di sebuTin :
    olivia Shes The Man,hanazakarino
    Pasangan heboh,Pembantu Milyader fantasy couple
    Indonesia negaRa Q….jan9an jipLak muLu ya….mw jaDi apa kL tRuz2an nYontek….be kReatiF….!!

  7. to. penggemar korea

    yup bener banget….. di episode awal-awal olivia mirip sama ceritanya Shes the man… tapi lama-lama mirip ceritanya hanazakarino….

    sepertinya semua sinetron ceritanya dah ga original semua…😦
    hixs..

  8. Sinetron=sampah
    skali sampah tetep sampah

    hmm….Untung anime bergenre love comedy/romance n HAREM gw gak ketiru

    gak sabar ama HAYATE NO GOTOKU n CLANNAD SEASON 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s